Jumat, 23 November 2012

media pembelajaran menggunakan balon



          Media pembelajaran menggunakan balon adalah sebuah permainana yang dilakukan didalam kelas. Saya menggunakan media ini supaya para murid biasa memahami materi yang saya ajarkan. Maedi balon ini dapat memotivasi murid untuk belajar, katrena didalam balon tersebut terdapat pertanyaan-pertanyaan yang harus di jawab oleh murid. Sebelum permainan balon ini dimulai guru terlebih dahulu memberikan materi. Seperti di pelajaran sejarah, yang membahas tentang kejadian atau peninggalan pada masa lampau pada tingkat smp kls 1, 2. Yang sering di anggap para murid membosankan. Jadi, dengan media ini bisa memberikan semangat belajar bagi murid, karena permainan ini akan memberikan hukuman apabila siswa tidak bias menjawab seperti tidak mendapatkan nilai. tujuan permainan balon ini adalah untuk mendapatkan nilai, semakin bagus murid menjawab pertanyaan semakin bagus pula nilai yang di dapat.  Permainan balon ini disebut jga permainan undian atau permainan yang sering dilakukan pada saat pesta ulang tahun.

Kelebihan media balon:
Memberikan semangat belajar kepada murid untuk menguasai materi. Media ini memberiakan kenyamanan dalam kelas karena tidak membosankan yang dilakukan dengan permainan tapi juga belajar dalam kelas.
Kelemahan media balon:
Kadang_kadang memicu keributan dan murid sering takut atau tidak pede untuk melakukan permainan ini karena pertama kalinya dilakukan permainan balon ini.

Langkah-langkah melakukannya:
  1. Buatlah beberapa pertanyaan tentang materi yang di ajarkan, kemudian tiup balon dan masukan pertanyaan tersebut kedalam balon.
  2. Ketika permainan dimulai guru memberikan aba-aba atau dengan memberikan spidol secara bergeliriran dengan menyanyikan lagu,
  3.  Dan apabila spidol itu berhenti pada seorang murid, maka murid tersebut harus meletuskan balon dan menjawab petanyaan yang sudah ada didalam balon tersebut. Apabila pertanyaan dijawab dengan baik maka baik pula nilai murid tersebut, dan sebaliknya jika salah mendapatkan hukuman tidak diberikan nilai yang baik.       

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar